Jumat, 31 Mei 2013

TRI PUSAT PENDIDIKAN


TRI PUSAT PENDIDIKAN
Dalam lingkungan pendidikan terdapat tiga jenis lingkungan pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
1.      Keluarga (Lingkungan Pendidikan Informal)
Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang bersifat universal, artinya terdapat di setiap tempat di dunia (universe). Dalam arti sempit, keluarga adalah unit sosial yang terdiri ats dua orang (suami,istri) atau lebih (ayah, ibu, anak)  berdasarkan ikatan pernikahan. Sedangkan dalam arti luas, keluarga adalah unit sosial berdasarkan hubungan darah atau keturunan yang terdiri atas beberapa keluarga dalam arti sempit.
Pendidikan lingkungan keluarga tergolong jalur pendidikan informal, adapun karakteristiknya antara lain:
a.       Tujuan pendidikannya lebih mengembangkan karakter
b.      Peserta didiknya bersifat heterogen
c.       Isi pendidikannya tidak terprogram serta formal/tidak ada kurikulum tertulis
d.      Tidak berjenjang
e.       Waktu pendidikan tidak terjadwal secara ketat, relative lama
f.       Cara pelaksanaan pendidikan secra wajar
g.      Evaluasi pendidikan tidak sistematis dan insidensial
h.      Credentials tidak ada dan tidak penting
2.      Sekolah (Lingkungan Pendidikan Formal)
Selain mendapatkan oendidikan di lingkungan keluarga, pada saatnya anak-anak mendapatkan pendidikan di sekolah. Sekolah adalah suatu satuan (unit) sosial atau lembaga sosial yang secara sengaja dibangun dengan kekhususan tugasnya untuk melaksanakan proses pendidikan (Odang Muchtaar,1991).
Lingkungan pendidikan sekolah tergolong jalur pendidikan formal, adapun karakteristiknya antara lain:
a.       Secara factual tujuan pendidikannya lebih menekankan pada pengembangan intelektual
b.      Peserta didiknya bersifat homogeny
c.       Isi pendidikannya terprogram secara formal/kurikulum tertulis
d.      Terstruktur, berjenjang dan berkesinambungan
e.       Waktu pendidikan terjadwal secara ketat, dan relative lama
f.       Cara pelaksanaan pendidikan bersifat formal dan artificial
g.      Evaluasi pendidikan dilaksanakan secara sistematis
h.      Credentials ada dan penting
3.      Masyarakat (Lingkungan Pendidikan Nonformal)
Di dalam lingkungan masyarakat, setiap orang akan memperoleh pengalaman tentang berbagai hal yang tidak di temukan pada lingkungan pendidikan keluarga ataupun lingkungan pendidikan sekolah, misalnya tentang lingkungan alam, tentang hubungan sosial, politik, kebudayaan dan sebagainya.
Lingkunga pendidikan masyarakat, seperti kursus, kelompok belajar, majelis taklim, bimbingan tes tergolong jalur pendidikan nonformal, adapun karakteristiknya antara lain:
a.       Secara factual tujuan pendidikannya lebih menekankan pada pengambangan ketrampilan praktis
b.      Peserta didiknya bersifat heterogen
c.       Isi pendidikannya ada yang terprogram tertulis, ada pula yang tidak terprogram secara tertulis
d.      Dapat terstruktur, berjenjang dan berkesinambungan dan dapat pula tidak terstruktur tidak berjenjang dan tidak berkesinambungan
e.       Waktu pendidikan terjadwal secara ketat atau tidak terjadwal, lama pendidikannya relative singkat
f.       Cara pelaksanaan pendidikan mungkin bersifat artificials mungkin pula bersifat wajar
g.      Evaluasi pendidikan mungkin dilaksanakan secara sistematis dapat pula tidak sistematis
h.      Credentials ada dan mungkin tidak ada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar